Logo Bloomberg Technoz

AS Klaim China Berencana Menempatkan Pangkalan Militer di Oman

News
08 November 2023 20:15

Bendera China (Sumber: Bloomberg)
Bendera China (Sumber: Bloomberg)

Michelle Jamrisko dan Jennifer Jacobs - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah diberi informasi mengenai apa yang para penasihatnya anggap sebagai rencana China membangun fasilitas militer di Oman. Pembangunan ini dikatakan sebagai bagian dari upaya lebih luas Beijing untuk memperdalam hubungan pertahanan dan diplomasi dengan Timur Tengah.

Menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, Biden diberitahu bahwa pejabat militer China membahas masalah tersebut bulan lalu dengan rekan-rekan mereka di Oman. Mereka disebut setuju untuk menjalani kesepakatan semacam itu. Sumber mengatakan kedua pihak setuju untuk melakukan lebih banyak berbicara dalam beberapa pekan mendatang.

Kementerian Luar Negeri China tidak secara langsung merespons pertanyaan tentang adanya rencana pendirian pangkalan militer. Namun dalam pernyataan yang dirilis Selasa, kementerian menyatakan bahwa kerja sama dengan Oman "telah membuahkan hasil yang bermanfaat."

"Kedua pihak memiliki tingkat kesepakatan yang tinggi dalam mengembangkan lebih lanjut hubungan bilateral dan memperdalam kerja sama dalam berbagai bidang, dengan tujuan menjalin erat persahabatan bilateral dan memberi manfaat kepada kedua negara," demikian pernyataan tersebut.