Logo Bloomberg Technoz

Jika New START dihentikan atau dibiarkan kedaluwarsa, persenjataan nuklir dari dua kekuatan nuklir terbesar di dunia tidak akan memiliki perjanjian kontrol untuk pertama kalinya sejak tahun 1970-an.

Adapun dengan penangguhan perjanjian ini, AS dapat kehilangan akses ke data inspeksi dan pemantauan tentang jumlah hulu ledak nuklir Rusia yang dikerahkan, serta kendaraan berbasis darat dan laut yang digunakan untuk meluncurkannya.

Menurut Steven Pifer, mantan duta besar AS untuk Ukraina yang melakukan negosiasi pengendalian senjata dengan Rusia, sekitar 200 petugas ditugaskan oleh AS dari Departemen Pertahanan, komunitas intelijen, dan Departemen Luar Negeri untuk verifikasi perjanjian New START ini.

Putin memberikan pidato kenegaraan pertamanya dalam hampir dua tahun jelang setahun invasi Rusia ke Ukraina.

Pidato yang berlangsung hampir dua jam itu fokus kepada upaya Putin untuk mengoper kesalahan atas konflik Rusia dan Ukraina ke AS dan sekutunya, di mana dia mengklaim ketidakbertuhanan dan pedofilia telah menjadi "norma".

Sekutu AS dan Eropa dari Ukraina ingin "mengubah konflik lokal menjadi fase konfrontasi global," kata Putin dalam pidato yang berulang kali dihujani tepuk tangan.

“Kami memahami ini dan akan menanggapinya karena dalam hal ini kami berbicara tentang keberlangsungan negara kami,” ujar Putin.

(bbn)

No more pages