Logo Bloomberg Technoz

Janji Kembangkan EBT, Anies-Imin Ingin Bentuk Dana Abadi

Sultan Ibnu Affan
28 October 2023 09:45

Bacapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar melakukan pendaftaran di Kantor KPU, Kamis (19/10/2023). (Bloomberg Tehnoz/Andrean Kristianto)
Bacapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar melakukan pendaftaran di Kantor KPU, Kamis (19/10/2023). (Bloomberg Tehnoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membeberkan rencananya untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Dalam lembar paparan visi dan misi paslon tersebut, pasangan Anies-Imin ingin membentuk dana abadi yang ditujukan untuk pengembangan riset energi bersih atau energi baru dan terbarukan (EBT).

"Membentuk Dana Abadi atau Resource Endowment Fund yang berasal dari pendapatan sumber daya alam [SDA], yang dialokasikan untuk riset EBT, peningkatan kualitas manusia, dan untuk memberikan insentif bagi penerapan EBT," tulis lembar visi dan misi Anies-Imin, dikutip Sabtu (28/10/2023).

Selain itu, mereka juga berencana untuk mendorong inovasi untuk pembiayaan EBT melalui pendekatan lain, misalnya, seperti project development funding, viability gap financing, dan credit enhancement funding.

Paslon yang didukung oleh Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) itu pun juga berencana untuk memanfaatkan green financing, peluang perdagangan karbon dan bursa karbon untuk menambah sumber pendanaan transisi energi RI.