Logo Bloomberg Technoz

Ekspor Listrik 2GW ke Singapura, RI Incar Investasi Rp477 T

Sultan Ibnu Affan
26 October 2023 08:00

Ilustrasi Singapura. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Singapura. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyebut rencana ekspor listrik bersih ke Singapura sebesar 2 gigawatt (GW) dapat memberikan keuntungan investasi di Indonesia hingga US$30 miliar (sekitar Rp477 triliun).

"Kalau kita liat 2 GW itu bisa berarti sampai 11 GW peak solar, 21 GWh battery. [...] Misal 1MW sekitar sejuta, lalu 1 KWh anggaplah US$100—US$150, bisa dihitung saja. It's huge, itu di atas US$20 miliar—US$30 miliar," ujar Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin di sela BNI Investor Daily Summit 2023, Rabu (25/20/2923).

Meski demikian, Rachmat mengatakan, rencana eskpor tersebut hingga kini masih terus dibicarakan bersama dengan PT PLN (Persero). Pasalnya, proyek itu nanti bakal melibatkan perusahaan setrum negara.

Selain itu, lanjutnya, beberapa investor yang telah berniat untuk turut serta menggarap proyek tersebut pun kini sudah mulai berdatangan, seperti Trina Solar PV.

"Begitu semua udah di-lock, saat ini sambil jalan beberapa investor sudah mulai ikut. Maksudnya bagian dari supply chain sudah pada bikin. Trina Solar sudah groundbreaking, mereka udah siap-siap sih semua, harapan kita sih kalau bisa lebih dari MoU [memorandum of understanding/nota kesepahaman], kemudian LOI [letter of intent/surat komitmen], nanti lebih detail lagi akan kita laksanakan." kata dia.