Logo Bloomberg Technoz

India Usir Diplomat Kanada, Khawatir Campuri Urusan Dalam Negeri

News
23 October 2023 10:50

Bendera India. (Sumber: Bloomberg)
Bendera India. (Sumber: Bloomberg)

Swati Gupta dan P R Sanjai - Bloomberg News

Bloomberg, India mengatakan pihaknya mengurangi kehadiran diplomatik Kanada di negaranya karena kekhawatiran tentang campur tangan dalam urusan dalam negeri, karena hubungan antara kedua pihak terus memburuk.

"Hubungan saat ini sedang melalui fase yang sulit," kata Menteri Urusan Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, dalam diskusi panel di New Delhi pada hari Minggu.

Pekan lalu, Kanada memindahkan 41 staf dari kedutaan besar dan konsulatnya di India setelah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi mengancam akan mencabut kekebalan mereka. Pemerintahan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menyebut tindakan tersebut "tidak masuk akal dan eskalatif", serta merupakan pelanggaran Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik.

Perselisihan diplomatik ini adalah eskalasi terbaru sejak Trudeau menuduh pemerintah India membantu mengoordinasikan pembunuhan seorang aktivis separatis Sikh di tanah Kanada. New Delhi telah membantah tuduhan tersebut dan mengambil beberapa tindakan termasuk suspensi visa untuk warga Kanada.