Logo Bloomberg Technoz

Pejabat the Fed Belum Yakin Inflasi AS Turun ke 2%

News
20 October 2023 13:00

Ilustrasi Bendera AS (Sumber: Joshua A. Bickel/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera AS (Sumber: Joshua A. Bickel/Bloomberg)

Jonnelle Marte - Bloomberg News

Bloomberg, Kepala Federal Reserve Bank of Dallas Lorie Logan mengatakan dia belum yakin bahwa inflasi cenderung turun ke target bank sentral sebesar 2%, tetapi imbal hasil (yield) jangka panjang yang lebih tinggi memberikan lebih banyak waktu bagi para pejabat untuk mengevaluasi data ekonomi.

"Kami telah melihat beberapa kemajuan yang baik dalam hal inflasi, namun masih terlalu tinggi," ujar Lorie Logan pada hari Kamis dalam sebuah diskusi yang dimoderatori oleh Money Marketeers dari New York University.

"Sangatlah penting bagi kami melanjutkan kebijakan moneter ketat (suku bunga acuan tinggi)," ujarnya, seraya menambahkan bahwa ia tidak hanya melihat pada suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) namun juga pada kenaikan imbal hasil jangka panjang baru-baru ini.

Inflasi Amerika masih tetap tinggi meski the Fed telah menaikkan bunga sekian kali (Bloomberg)

Lorie Logan menegaskan bahwa jika imbal hasil jangka panjang yang lebih tinggi terus berlanjut - dan jika hal ini disebabkan oleh permintaan investor akan premi jangka panjang yang lebih tinggi - hal ini dapat berarti berkurangnya kebutuhan bank sentral AS (the Fed) menaikkan suku bunga acuan lagi.