Logo Bloomberg Technoz

CIMB Niaga (BNGA) Private Placement agar Tak Terdepak dari Bursa

Mis Fransiska Dewi
13 October 2023 14:05

Ilustrasi digital lounge CIMB Niaga (Dok. CIMB Niaga)
Ilustrasi digital lounge CIMB Niaga (Dok. CIMB Niaga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) akan melakukan penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement. Aksi korporasi ini dilakukan untuk memenuhi batas minimal saham beredar di publik (free float) minimal 7,5%.

Perusahaan akan menerbitkan 10,59 juta saham baru seri B. Nilai nominal sebesar Rp50/saham.

"Tujuan dan manfaat PMTHMETD ini sebagai upaya sebagai upaya pemenuhan persyaratan bagi perusahaan tercatat untuk tetap tercatat di bursa sebagaimana diatur dalam Peraturan BEI No. I-A tentang Pencatatan Saham Dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat," seperti dikutip dari keterbukaan informasi, Jumat (13/10/2023).

Sampai saat ini, jumlah free float saham BNGA memang masih sekitar 6,73%. Sehingga, perusahaan perlu menambah 0,77% saham lagi agar tidak masuk daftar penghapusan (delisting) lantaran tidak memenuhi ketentuan free float.

BNGA perlu memperoleh restu pemegang saham sebelum mengeksekusi rencana ini. Rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) atas aksi korporasi ini dijadwalkan berlangsung pada 19 Oktober 2023.