Logo Bloomberg Technoz

Bulog: Tambahan Impor Beras 1,5 Juta Ton Bergantung Kebutuhan

Angga Indrawan
11 October 2023 15:05

Pengangkutan beras Bulog. (Dok Bulog.co.id)
Pengangkutan beras Bulog. (Dok Bulog.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Perum Bulog Awaludin Iqbal mengklaim rencana tambahan penugasan impor beras sebanyak 1,5 juta ton akan dieksekusi sesuai kebutuhan. Bulog, kata dia, lebih dulu akan memastikan kebutuhan penyaluran di dalam negeri.

“Pemerintah memang memberikan tambahan kuota sebanyak 1,5 juta ton namun pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kebutuhan penyaluran di dalam negeri,” ujar Iqbal dalam keterangannya, Rabu (11/10/2023).

Iqbal menngatakan pemerintah saat ini fokus mempertahankan stabilitas harga beras di masyarakat, terlebih di tengah situasi saat ini yang menjelang musim tanam.

Dalam kesempatan tersebut Iqbal juga menambahkan terkait isu negara asal impor. Dia mengatakan penugasan importasi beras ini dari negara mana saja yang memungkinkan dan memenuhi semua standar persyaratan.

“Untuk negara asal impor ini bisa dari manapun tidak terpatok hanya 1 negara saja, jadi bisa banyak negara seperti penugasan sebelumnya. Kita cari negara mana yang masih banyak produksinya dan memenuhi standar persyaratan,” tambah Iqbal