Logo Bloomberg Technoz

Israel yang Pecah Kini Bersatu untuk Hancurkan Hamas

News
10 October 2023 10:45

Bangunan hancur usai serangan rudal Israel di distrik Rimal Kota Gaza, Gaza, Minggu (8/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Bangunan hancur usai serangan rudal Israel di distrik Rimal Kota Gaza, Gaza, Minggu (8/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Ethan Bronner - Bloomberg  News

Bloomberg, Jalan-jalan di Tel Aviv yang biasanya sibuk tampak kosong, sekolah diliburkan, penerbangan dibatalkan dan satu sumur gas besar ditutup. Kaum pria dari semua kelompok umur dipanggil oleh unit pasukan tentara cadangan dan ratusan ribu warga telah mengenakan seragam militer mereka.

Israel bersiap menghancurkan infrastruktur militer Hamas di Jalur Gaza setelah serangan yang menewaskan ratusan warga Israel. Perpecahan politik di dalam negeri, yang diwarnai dengan aksi demonstrasi menentang pemerintah baru sembilan bulan, tidak lagi terlihat. Oposisi pun berunding dengan Perdana Menteri Netanyahu terkait pembentukan pemerintah darurat perang.

Gerakan protes yang menentang rencana pemerintah melemahkan Mahkamah Agung mengubah kegiatan mereka menjadi mengumpulkan dana dan membantu keluarga serta tentara di wilayah selatan negara itu bersama pihak berwenang yang mereka benci sebelumnya. 

Sengketa antara Israel vs Palestina (Sumber: Bloomberg)

Namun, muncul pertanyaan seberapa lama negara ini bisa terus bergerak di balik aksi yang bisa berlangsung selama beberapa bulan ini?