Logo Bloomberg Technoz

Atas keputusan Amerika ini artinya Hynix dan Samsung bebas mengimpor mesin-mesin canggih yang awalnya dilarang masuk ke China. Dalam laporan disebut sangat penting untuk memungkinkan para pemimpin industri Korsel tetap  beroperasi di wilayah produksi cip terbesar di dunia tersebut dalam jangka panjang.

Hynix memperingatkan tahun lalu, ketika Washington meluncurkan serangkaian pembatasan ekspor cip secara luas. Jika hal tersebut terjadi berdampak pada penutupan atau penjualan pabrik utama perusahaan di China. Itu merupakan skenario terburuk.

Perusahaan ini mengoperasikan pabrik DRAM di Wuxi, wilayah China bagian tengah. Pabrik memproduksi sebagian besar cip memori globalnya. Pabrik juga menjalankan fasilitas NAND di kota utara Dalian.

"Melalui koordinasi erat dengan pemerintah terkait, ketidakpastian terkait pengoperasian lini manufaktur semikonduktor kami di China telah dihilangkan secara signifikan,” kata juru bicara Samsung Electronics. 

“Kami akan terus bekerja sama dengan semua pemerintah terkait untuk mempertahankan rantai pasokan yang stabil untuk industri semikonduktor global.”

Peraturan pada 2022 yang luas menghantam ambisi teknologi Beijing dan juga menimbulkan ketidakpastian pada operator asing di China, termasuk Hynix dan Samsung.

Keduanya mendapatkan keringanan selama satu tahun pada saat itu, hingga memungkinkan mereka mengimpor peralatan yang diperlukan. Namun masih ada ketidakpastian apakah keringanan itu akan diperpanjang.

Washington memutuskan untuk membatalkan larangan tersebut untuk Hynix dan Samsung dengan segera, Yonhap melaporkan. 

Hynix memperingatkan pada saat itu bahwa mereka akan memangkas belanja modal hingga setengahnya pada tahun 2023 untuk mencerminkan penurunan permintaan elektronik.

“Kami menyambut baik keputusan pemerintah AS untuk memperpanjang pengecualian terkait peraturan kontrol ekspor,” kata juru bicara SK Hynix dalam sebuah pesan teks kepada Bloomberg News. 

Pemerintahan Biden pada akhir September juga menghapus pembatasan ketat terhadap ekspansi di China oleh banyak  perusahaan semikonduktor—yang mendapatkan dana federal untuk membangun pabrik di AS.

Hal yang sekaligus menghilangkan batas pengeluaran sebesar US$100.000 untuk investasi dalam kapasitas lanjutan di China. Selanjutnya secara efektif dapat mencegah perusahaan yang mendapatkan dana federal untuk meningkatkan produksi cip lebih canggih dari ukuran 28nm. 

Samsung kemungkinan besar akan mendapatkan hibah AS dengan target fasilitas baru di Texas. Pada saat yang sama perusahaan juga membuat NAND di Xi'an, wilayah China tengah.

(wep/roy)

No more pages