Logo Bloomberg Technoz

Kongsi MUFG Rampungkan Akuisisi Home Credit Rp3,7 T

Mis Fransiska Dewi
03 October 2023 11:20

Adira Finance (Sumber Laporan Keuangan Tahunan ADMF)
Adira Finance (Sumber Laporan Keuangan Tahunan ADMF)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Home Credit Indonesia (Home Credit) baru saja diakuisisi oleh konsorsium asal Jepang yang dipimpin oleh Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG), yang terdiri dari Bank of Ayudhya Public Company Limited (Krungsri), grup finansial terbesar kelima di Thailand, dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance.

Chief Executive Officer Home Credit Indonesia Animesh Narang mengungkapkan, kesepakatan pengambilalihan tersebut diselesaikan dengan perkiraan nilai akuisisi sebesar 209 juta euro atau setara sekitar Rp3,4 triliun. 

"Transaksi ini bertujuan untuk mendukung operasional bisnis Home Credit Indonesia agar perusahaan dapat menyediakan akses pembiayaan secara berkelanjutan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia sekaligus mengembangkan Home Credit Indonesia berdasarkan keahlian yang dimiliki oleh Krungsri," kata Animesh dalam keterbukaan informasi, Selasa (3/10/2023).
 
Kenichi Yamato, Presiden dan Chief Executive Officer Krungsri, mengatakan Krungsri terus memperluas jejaknya untuk menghubungkan kebutuhan pelanggan di seluruh wilayah ASEAN. Dengan suksesnya akuisisi Home Credit Indonesia ini, kami memiliki jaringan yang kuat di lima negara ASEAN, di antaranya Laos, Kamboja, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan kantor perwakilan di Myanmar. 

Oleh karena itu, lanjutnya, pencapaian strategis ini meningkatkan posisi Krungsi sebagai bank regional di pasar ASEAN. Ke depan, Krungsri akan berkolaborasi dengan Home Credit dengan memanfaatkan keahlian dalam pembiayaan konsumen dan manajemen risiko untuk memperluas mitra-mitra bisnis baru, menumbuhkan basis pelanggan, dan menghadirkan produk dan layanan yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia yang terus berkembang.
 
Dewa Made Susila, Presiden Direktur Adira Finance, mengatakan penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah tonggak pencapaian penting. Akuisisi tersebut menggabungkan kekuatan unik dari setiap bisnis, menciptakan suatu ekosistem yang kuat yang diarahkan untuk menghadirkan layanan finansial yang berkualitas tinggi kepada masyarakat yang kurang terlayani secara optimal.