Logo Bloomberg Technoz

ESDM Bakal Rombak Kebijakan Energi Nasional demi Target Nol Emisi

Sultan Ibnu Affan
02 October 2023 08:30

Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)
Pembangkit Listrik PLN (Dok web.pln.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Dewan Energi Nasional (DEN) tengah menggodok revisi Kebijakan Energi Nasional (KEN), sejalan dengan ambisi pemerintah untuk mempercepat pencapaian target emisi nol bersih atau net zero emission (NZE) pada 2060.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan revisi beleid tersebut diharapkan bakal mengakomodasi berbagai keperluan pemerintah untuk mencapai target nol emisi karbon. 

"Revisi KEN untuk menjawab dan menyusun langkah apa yang diperlukan, sehingga target NZE bisa kita lakukan bersama dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip bahwa [revisi KEN] tidak mengganggu pembangunan yang sekarang sedang berjalan," ujar Dadan dalam siaran pers, dikutip Senin (2/10/20230).

Selain melakukan revisi KEN, Dadan mengatakan, kementerian telah mendorong pemanfaatan peningkatan sumber pembangkit listrik yang berbasis energi baru terbarukan (EBT).

"Ini yang terus kita dorong bersama dengan PLN secara khusus, untuk pembangkit ketenagalistrikan kita mempunyai RUPTL di PLN yang memberikan fokus kepada peningkatan pemanfaatan energi terbarukan," ujarnya.