Logo Bloomberg Technoz

Pujian SBY, Kenang Aksi Luhut Saat Ani Yudhoyono Sakit

Sultan Ibnu Affan
28 September 2023 18:20

Tamu undangan dalam perayaan ulang tahun Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Tamu undangan dalam perayaan ulang tahun Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), banyak berbagi cerita kenangan masa lalu dalam terkait hubungan secara personal dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP). Kisah pertemanan kedua tokoh ini dibagikan SBY dalam testimoninya di acara ulang tahun ke-76 LBP. 

Salah satu cerita yang dibagikan SBY adalah saat mengenang empati yang diberikan Luhut dan istrinya Devi Simatupang saat Ani Yudhoyono dirawat di rumah sakit Singapura. 

"Saya juga tidak pernah lupa waktu istri saya almarhum Ibu Ani dirawat di Singapura, Bang Luhut dan Mba Devi datang, bukan hanya berempati karena istri mengidap penyakit kanker darah, tapi Bang Luhut saya masih ingat berkonsultasi memberikan advice dokter-dokter ahli kanker darah yang mungkin bisa menjadi alternatif," kata SBY saat memberikan testimoni. 

Menurut SBY, dia merasa senang sekali, karena Luhut ingin menjadi bagian dari solusi perkara yang amat berat bagi dirinya dan istri. 

Meski akhirnya, Ani Yudhoyono meninggal dunia, tapi SBY mengapresiasi upaya yang dilakukan Luhut untuk berupaya menyebuhkan penyakit istrinya.