Logo Bloomberg Technoz

Uang Beredar Agustus Tumbuh 5,9% Terpicu Laju Kredit yang Bangkit

News
25 September 2023 10:50

Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)
Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia melaporkan, likuiditas perekonomian pada Agustus masih mencetak pertumbuhan positif terdorong kinerja kredit perbankan yang mulai bangkit.

Uang beredar dari arti luas (M2) pada bulan lalu mencapai Rp8.363,2 triliun, tumbuh 5,9% secara tahunan, akan tetapi melambat dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat pertumbuhan 6,4%. Perkembangan itu, sebut BI, terutama didorong oleh pertumbuhan uang kuasi 8,4% year-on-year.

"Perkembangan M2 pada Agustus terutama dipengaruhi oleh perkembangan penyaluran kredit yang tumbuh 8,9% setelah naik 8,4% pada Juli," kata Bank Indonesia dalam pengumumannya dikutip Senin (25/9/2023).

Kredit perbankan tumbuh terutama disokong oleh pertumbuhan kredit modal kerja 8,2% dibandingkan 7,2% pada Juli. Kredit modal kerja terutama disokong oleh sektor keuangan, real estat dan jasa perusahaan.

Sementara kredit investasi dan konsumsi cenderung stagnan. Kredit investasi hanya tumbuh 10% pada Agustus, naik tipis dari 9,9% di bulan sebelumnya. Kredit investasi disokong oleh sektor industri pengolahan, sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan.