Logo Bloomberg Technoz

Begini Penjelasan Kemenhub Soal Karat di Rangka eSAF Honda

Dovana Hasiana
15 September 2023 13:39

Ilustrasi Pabrik Motor Honda. (Dok: AHM)
Ilustrasi Pabrik Motor Honda. (Dok: AHM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim penyelidikan bentukan Kemenhub punya jawaban tersendiri mengenai temuan rangka eSAF Honda milik konsumen yang berkarat dan keropos. Di sisi lain, Kemenhub telah menyatakan bahwa rangka eSAF Honda cukup kuat dan telah memenuhi standar manufaktur global.

Hasil investigasi pada motor konsumen mengungkapkan kondisi itu terjadi pada bagian rangka eSAF yang tidak terlapisi coating. 

"Karat juga terjadi pada lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran, sehingga membuat air tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembap di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam keterangannya, Jumat (15/9/2023).

Coating dengan Metode Celup

Di sisi lain, Kemenhub mengakui dalam inspeksinya ke PT AHM, pabrik telah membuat rangka eSAF dengan baik, saat membangun eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka. 

Bahkan, Kemenhub juga menyebut pelapisan coating dilakukan PT AHM dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup). Proses itu terkonfirmasi saat mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaise Karawang pada Jumat (1/9/2023).