Logo Bloomberg Technoz

Kesadaran Wanita untuk Vaksin HPV Meningkat Setelah Pandemi

News
15 September 2023 14:10

Vaksin yang disuntikan untuk masyarakat. Fotografer: Noriko Hayashi/Bloomberg
Vaksin yang disuntikan untuk masyarakat. Fotografer: Noriko Hayashi/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - HPV atau human papillomavirus adalah jenis virus DNA yang memicu masalah pada kulit kelamin, seperti kutil hingga menjadi penyebab kanker serviks. Untuk itu, setiap wanita dianjurkan untuk melakukan vaksin HPV.

Infeksi HPV juga dapat menular melalui kontak langsung. Meski sebagian besar infeksinya tidak berbahaya, namun dalam 95% kanker serviks ditemukan adanya virus HPV.

Menurut Dr. Ivander Utama F.MAS, SpOG, MSc dari RSIA Bunda Jakarta mengatakan, pada tahun 2023, IDAI sudah merekomendasikan pemberian vaksinasi HPV dapat diberikan pada anak-anak sejak usia 9 tahun sebanyak 2 kali suntikan dengan jarak 6 bulan-12 bulan dari suntikan pertama. 

“Namun bila anak sudah berusia 15 tahun ke atas, maka vaksinasi HPV diberikan seperti pemberian pada orang dewasa, yaitu 3 kali pemberian dengan jarak 1-2 bulan dari vaksin pertama, dan 6 bulan dari vaksin kedua. Vaksin HPV dapat diberikan pada dewasa sampai usia 55 tahun, bila masih aktif secara seksual,’ kata dr. Ivander saat berbincang dengan Bloomberg Technoz, Jumat (15/9/2023).

Menurut dr. Ivander, saat ini kesadaran terhadap vaksinasi HPV sudah lebih baik dibandingkan dulu. Terutama setelah pandemi karena sudah banyak yang merasakan manfaat dari vaksinasi Covid.