Logo Bloomberg Technoz

Dalam memahami bagaimana berbagai indikator yang berbeda berinteraksi satu sama lain, serta iklim dan ekosistem planet ini secara keseluruhan, diperlukan penerapan model dan simulasi komputer yang komprehensif.

Kerangka kerja "batas-batas planet" dimulai pada tahun 2009, dan para peneliti di Stockholm Resilience Center di Swedia telah menghabiskan waktu hampir 15 tahun mempelajarinya dan menyempurnakan perhitungannya. Ini adalah pembaruan besar pertama yang diterbitkan sejak 2015.

"Ini adalah terobosan ilmiah yang nyata," kata Johan Rockström kepada para wartawan pada hari Selasa. "Ini adalah pertama kalinya kami melakukan pemeriksaan kesehatan ilmiah seluruh planet dan kami dapat memberikan kuantifikasi untuk kesembilan batas tersebut."

Beberapa batas yang telah dilanggar adalah ketersediaan air tawar, perubahan sistem lahan akibat aktivitas seperti deforestasi, hilangnya keanekaragaman hayati dan kepunahan, serta konsentrasi karbon dioksida. Bumi saat ini beroperasi dengan aman hanya di tiga area: penipisan ozon di stratosfer, pemuatan aerosol di atmosfer, dan pengasaman laut.

Banjir merusak jalan usai hujan lebat di desa Nea Lefki di Larissa, Yunani, Rabu (6/9/2023). (Konstantinos Tsakalidis/Bloomberg)

"Pengasaman laut dengan cepat bergerak ke arah yang salah, yang kita sebut sebagai zona kuning," kata Johan Rockström.

Menurut Katherine Richardson, seorang profesor oseanografi biologi di Denmark dan penulis utama penelitian ini, masih ada alasan untuk berharap. Meski bata penipisan ozon telah terlampaui pada tahun 1990-an, tetapi komitmen global menghapus zat perusak ozon di bawah Protokol Montreal telah membalikkan tren tersebut.

Meski begitu, Katherine Richardson memperingatkan beberapa solusi mengurangi emisi gas rumah kaca seperti mengganti bahan bakar fosil dengan biomassa (bahan yang berasal dari makhluk hidup, termasuk tanama, hewan, dan mikroba) untuk energi seharusnya tidak mengorbankan penipisan hutan.

"Selama 3,5 miliar tahun kondisi lingkungan di Bumi ditentukan oleh interaksi antara kehidupan dan iklim," katanya. "Kita tidak akan memperbaiki masalah iklim jika kita tidak menghormati batas jumlah biomassa yang dapat kita ambil."

(bbn)

No more pages