Logo Bloomberg Technoz

Pernah Berperingkat Buruk, Pefindo Tetapkan Rating Positif WSBP

Mis Fransiska Dewi
12 September 2023 10:40

Waskita Beton Precast. (Dok. Waskita Beton Precast )
Waskita Beton Precast. (Dok. Waskita Beton Precast )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mempertahankan peringkat atau rating idB kepada PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). Rating serupa juga disematkan untuk seluruh obligasi entitas BUMN Karya PT Waskita Karya Tbk (WSKT) tersebut.

Rating memiliki outlook stabil. Rating ini sekaligus mencerminkan kondisi keuangan WSBP pasca restrukturisasi.

Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary menyatakan, program transformasi bisnis WSBP digalakan secara konsisten untuk mendorong pertumbuhan kinerja secara berkelanjutan. "Melalui pertumbuhan kinerja dan perbaikan arus kas, kami optimis rating kredit WSBP dapat kembali meningkat ke depannya," kata Fandy dalam keterangan resmi, Selasa (12/9/2023).

Fandy menambahkan, WSBP tetap berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh kewajiban kepada kreditur sesuai dengan Perjanjian Perdamaian."Pencapaian rating ini tidak lepas dari dukungan seluruh kreditur pada proses restrukturisasi keuangan," kata Fandy.

Akhir Januari 2023, Pefindo juga memberikan rating serupa. Rating ini dinaikkan setelah sebelumnya WSBP beserta obligasinya mendapat rating idD akibat default kewajiban pembayaran bunga obligasi WSBP pada Januari 2022 setelah WSBP ditetapkan dalam status PKPU Sementara.