Logo Bloomberg Technoz

Special Research

Keuntungan Investasi Sukuk Ritel SR019 Modal Mulai Rp1 Juta

Ruisa Khoiriyah
05 September 2023 13:10

Ilustrasi investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)
Ilustrasi investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pilihan investasi bagi para investor ritel di Tanah Air kembali bertambah dengan dimulainya masa penawaran instrumen investasi baru Sukuk Ritel seri SR019 sejak Jumat pekan lalu dan akan berakhir 20 September nanti.

Instrumen investasi yang termasuk kategori Surat Berharga Negara (SBN) ritel ini memberikan tingkat kupon atau imbal hasil tidak jauh berbeda dengan SBN ritel seri sebelumnya yaitu ORI023 yang telah meluncur Juli lalu. Tawaran kupon instrumen investasi yang tidak memiliki penjaminan itu memang masih di atas rata-rata tingkat bunga simpanan di perbankan.

Akan tetapi, tawaran kupon SR019 itu masih kalah bila membandingkan imbal hasil yang dicetak beberapa produk reksa dana pendapatan tetap di pasar yang bisa memberikan return di atas 9% setahun. Kupon itu juga masih di bawah rata-rata bunga deposito di bank digital yang bisa di atas 7% per tahun.

Namun, dengan perkiraan inflasi ke depan masih akan melandai, target bank sentral inflasi 2024 di kisaran 2,7%, tawaran kupon SR019 masih cukup menarik karena memberi peluang real interest rate antara 3,2% hingga 3,4% setahun. Angka itu bisa lebih besar lagi bila inflasi ke depan semakin melandai.

Selain itu, dengan adanya opsi penjualan ke pasar sekunder, ada peluang bagi investor mengantongi capital gain apabila melepasnya di kala harga obligasi di pasar tengah tinggi.