Logo Bloomberg Technoz

Maju Pilpres Taiwan, Taipan Terry Gou Mundur dari Foxconn

News
03 September 2023 14:15

Pendiri Foxconn Technology Group, Terry Gou. (Dok: Bloomberg)
Pendiri Foxconn Technology Group, Terry Gou. (Dok: Bloomberg)

Samson Ellis - Bloomberg News

Bloomberg, Taipan pendiri Foxconn Technology Group, Terry Gou, mengundurkan diri dari posisinya di dewan perusahaan. Keputusan tersebut dilakukan setelah dia mempercepat kampanyenya untuk menjadi presiden Taiwan.

Menurut pernyataan dari Foxconn pada Sabtu (2/9/2023) Gou mundur dari jabatannya sebagai direktur perusahaan yang dia dirikan pada 1974 karena "alasan pribadi". Foxconn berterima kasih kepada Gou, yang tetap menjadi pemegang saham terbesar, atas kontribusinya terhadap perusahaan dan industri elektronik global.

Setelah membangun Foxconn menjadi salah satu perusahaan manufaktur terbesar di dunia dan pemasok utama bagi Apple Inc., Gou telah menyerahkan pengelolaan sehari-hari bisnis itu kepada chairman dan CEO, Young Liu, pada tahun 2019. Kala itu dia pertama kali secara publik tergoda masuk ke dunia politik.

Keputusan Gou untuk mundur dari posisinya terjadi kurang dari sepekan setelah dia mengakhiri spekulasi berbulan-bulan, dengan mengumumkan niatnya mencalonkan diri dalam pemilu presiden Taiwan. Pemilu dijadwalkan digelar pada Januari 2024.