Logo Bloomberg Technoz

Joe Biden Akan Kunjungi Vietnam, Bahas Ekonomi hingga Iklim

News
29 August 2023 09:35

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Justin Sink - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan berkunjung ke Vietnam pada September. Disampaikan oleh Gedung Putih pada Senin (28/8/2023), dia akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Nguyen Phu Trong dan para pemimpin lainnya.

Biden berencana berkunjung ke Hanoi pada 10 September. Presiden AS itu akan membahas cara-cara untuk memperdalam kerja sama antara kedua negara bersama para pemimpin Vietnam. Perjalanan ini akan dilakukan setelah kunjungan Biden ke KTT G-20 yang akan diadakan di New Delhi pada 9-10 September.

"Para pemimpin akan menjajaki peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Vietnam yang berfokus pada teknologi dan didorong oleh inovasi, memperluas hubungan antar-masyarakat melalui program pertukaran pendidikan dan pengembangan tenaga kerja, mengatasi perubahan iklim, dan meningkatkan perdamaian, kemakmuran, dan stabilitas di wilayah tersebut," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan.

Biden, dalam acara pengumpulan dana untuk Partai Demokrat awal bulan ini, mengatakan bahwa dia berencana segera mengunjungi Vietnam karena AS sedang berupaya memperkuat hubungan dengan negara-negara Asia dan mengurangi pengaruh China di wilayah tersebut.