Logo Bloomberg Technoz

Dinasti Jam Mewah Usia Satu Abad Kandas, Dijual ke Rolex

News
27 August 2023 13:30

Jam Bucherer (Sumber: Bloomberg)
Jam Bucherer (Sumber: Bloomberg)

Tara Patel dan Andy Hoffman - Bloomberg News

Bloomberg, Selama lebih dari satu abad, tiga generasi Bucherers telah membangun salah satu merek jam tangan dan perhiasan paling eksklusif di dunia, menjual jam tangan mahal dan permata berkilauan kepada orang-orang kaya dan terkenal di seluruh dunia.

Sekarang, miliarder Swiss yang berusia 87 tahun di balik butik mewah yang memakai namanya sendiri — Jörg G. Bucherer — telah setuju untuk menjual Bucherer AG miliknya ke Rolex. Langkah ini mengejutkan dunia ritel jam tangan mewah.

Jean-Philippe Bertschy, seorang analis dari Vontobel Holding AG, memperkirakan penjualan tahunan di lebih dari 100 toko Bucherer sekitar 2 miliar franc Swiss (Rp34,5 triliun), yang memberikan perusahaan nilai sebesar hingga 4 miliar franc Swiss. Ia memperkirakan Bucherer menyumbang sekitar 5% dari penjualan Rolex.

Keputusan Bucherer yang sudah lanjut usia untuk menjual bisnis keluarganya ini sebagian karena kerahasiaan intens yang mengelilingi dirinya dan kedua pembuat jam tangan, yang sejarahnya telah erat kaitannya selama beberapa dekade.