Logo Bloomberg Technoz

BRICS Ajak 6 Negara untuk Bergabung, Arab Saudi hingga Mesir

News
24 August 2023 19:15

KTT BRICS. (Sumber: Bloomberg)
KTT BRICS. (Sumber: Bloomberg)

S'thembile Cele - Bloomberg News

Bloomberg, Aliansi Ekonomi BRICS yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan sepakat mengundang 6 anggota baru. Keenam negara tersebut adalah Arab Saudi, Iran, Mesir, Argentina, Etiopia, dan Uni Emirat Arab (UAE), hal ini semakin menunjukkan perluasan pengaruh global blok tersebut. 

Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengatakan para pemimpin Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan sepakat untuk memperbesar aliansi BRICS mulai 1 Januari. Keputusan tersebut dibuat selama KTT yang digelar di Johannesburg. Perluasan ini merupakan ekspansi pertama BRICS sejak 2010.

"Kami memiliki konsensus mengenai fase pertama dari proses ekspansi ini. Dan fase-fase berikutnya akan menyusul," kata Ramaphosa yang duduk bersama para pemimpin BRICS lain.

Masuknya Arab Saudi sebagai eksportir minyak terbesar di dunia, bersama Iran, Uni Emirat Arab, dan Brasil berarti BRICS menggabungkan beberapa produsen energi yang signifikan dengan konsumen terbesar di negara-negara berkembang. Hal ini dapat memberikan pengaruh ekonomi yang sangat besar bagi blok tersebut.