Logo Bloomberg Technoz

China Dorong BRICS Percepat Tambah Anggota, India Sepakat

News
24 August 2023 07:20

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping mengajak blok pasar negara-negara berkembang BRICS untuk mempercepat rencana penambahan negara anggotanya dalam KTT di Afrika Selatan.

"Saya senang melihat antusiasme yang tumbuh dari negara-negara berkembang untuk berpartisipasi dalam BRICS," ujar Xi dalam pidatonya di acara tersebut. Ia menambahkan bahwa blok ini seharusnya "mempercepat proses perluasan BRICS untuk membawa lebih banyak negara ke dalam keluarga BRICS."

China telah menggunakan pertemuan tahunan kekuatan pasar berkembang ini untuk mengajak lebih banyak negara bergabung ke dalam kelompok lima negara BRICS yang saat ini mencakup Rusia, India, dan Brazil, serta tuan rumah pertemuan itu, Afrika Selatan. Sekitar 20 negara dikabarkan telah secara resmi mengajukan diri untuk bergabung, termasuk Arab Saudi, Indonesia, dan Mesir.

Sebelum pertemuan, ada beberapa ketidaksepakatan tentang rencana tersebut. Afrika Selatan dan Rusia mendukung penambahan anggota baru, sementara Brazil khawatir langkah ini akan menjauhkan diri mereka dari Barat. India pun waspada terhadap kelompok ini yang bisa dijadikan alat bagi China.