Logo Bloomberg Technoz

Teknologi Air Purifier: Penyaring Udara, Hambat Polusi Jakarta

Yunia Rusmalina
21 August 2023 18:55

Ilustrasi perangkat air purifier. (Dok: amerisleep)
Ilustrasi perangkat air purifier. (Dok: amerisleep)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kualitas udara di DKI Jakarta semakin hari kian memasuki kategori tidak sehat atau buruk yang bisa mengancam kesehatan bahkan kematian. Keadaan ini memaksa sebagian besar masyarakat Jakarta untuk menjaga pola hidup demi terhindar dari polusi ,salah satunya menggunakan air purifier.

Teknologi air purifying secara prinsip beroperasi mengisap udara dengan melewatinya pada sebuah saringan atau filter berukuran tertentu. Hasil pemurnian tentu menghasilkan udara di area perangkat tersebut menjadi lebih bersih.

Beberapa teknologi dan istilah yang sering ada dalam berbagai perangkat pemurnian udara dari berbagai produsen, berikut diantaranya:

HEPA

HEPA atau high-efficiency particulate air. Ini adalah pengembangan filter yang dikembangkan banyak pihak, dengan parameter penyaringan harus memiliki kemampuan menahan 99,97% partikel yang berukuran 0,3 mikron.

HEPA banyak dimunculkan menjadi keunggulan pada sejumlah perangkat karena filter bisa menahan debu, bulu, bakteri hingga jamur atau virus berukuran kecil. Perangkat dengan filter berteknologi HEPA bekerja dalam sistem HVAC, dan dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.