Logo Bloomberg Technoz

2. Persoalan China

Pemerintahan Biden melihat aliansi dengan Jepang dan Korsel sebagai kunci untuk menandingi agresi militer China, di saat China membangun hubungan dengan Rusia dan Korut untuk memperluas pengaruhnya. Meskipun demikian, ada perbedaan pendapat antara sekutu terkait sejauh mana mereka bersedia menantang China.

“Strategi Indo-Pasifik Korsel menyebutkan China secara eksplisit sebagai mitra, bukan sebagai tantangan strategis bersejarah seperti Jepang,” kata Tobias Harris, wakil direktur program Indo-Pasifik di German Marshall Fund.

3. Melawan Korut

Ketiga pemimpin sepakat untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam menangkal program senjata nuklir Korut termasuk berbagi informasi tentang peringatan rudal negara itu.

4. Perang Semikonduktor (Cip)

Diperkirakan para pemimpin akan sepakat untuk melindungi rantai pasokan barang-barang kritis seperti semikonduktor dan baterai kendaraan listrik. Namun, ada masalah yang masih mengganjal dalam hubungan ekonomi mereka, khususnya mengenai semikonduktor.

5. Camp David

Camp David, tempat retret presidensial, telah menjadi latar bersejarah bagi perundingan perdamaian yang dipimpin AS. Dalam pertemuan ini, para pemimpin akan berkumpul untuk pertemuan trilateral, diikuti dengan makan siang kerja dan konferensi pers bersama.

—Dengan asistensi Isabel Reynolds.

(bbn)

No more pages