Logo Bloomberg Technoz

Transmart Tutup Gerai & Saham Ritel Sedang Tak Baik-baik Saja

Dityasa Hanin Forddanta
25 July 2023 11:25

Salah satu gerai Transmart di Cibubur, Jawa Barat. (Dok. Transmart)
Salah satu gerai Transmart di Cibubur, Jawa Barat. (Dok. Transmart)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan milik pengusaha Chairul Tanjung, PT Trans Retail Indonesia, kembali menutup gerai Transmart dan kali ini dilakukan di cabang Blok M Square.

Penutupan secara permanen itu menambah daftar panjang gerai Transmart yang ditutup. Sejak 2019, Transmart sudah menutup gerainya di sejumlah lokasi, antara lain Transmart Mangga Dua Square, Transmart ITC Kuningan, dan Transmart ITC Permata Hijau.

Untuk di Blok M Square, penutupan rupanya sudah dilakukan sejak Maret 2023. Namun, kabar ini baru ramai menjadi perbincangan warganet, terutama Twitter, belakangan ini.

Mengutip dari sejumlah media lokal, manajemen Transmart sejatinya sudah berupaya untuk mempertahankan gerai Transmart Blok M Square. Upaya strategis seperti resizing gerai hingga promo besar-besaran sudah dilakukan.

Namun, strategi yang bertujuan menciptakan trafik konsumen itu belum berhasil. Perubahan perilaku konsumen membuat gerai Transmart di sejumlah titik menjadi tidak efisien sehingga penutupan gerai menjadi opsi paling logis meski manajemen memastikan masih akan membuka gerai Transmart baru di sejumlah wilayah.