Logo Bloomberg Technoz

Industri cip telah menjadi pusat pertikaian yang terus tereskalasi antara Beijing dan Washington. AS, di mana sebagian besar teknologi berasal, percaya bahwa membatasi akses China ke semikonduktor akan meningkatkan keamanan nasional dan menghambat upaya negara Asia itu untuk memajukan kemampuan militernya.

Perusahaan-perusahaaan cip AS berpendapat bahwa terputus dari pasar terbesar mereka, yaitu China, akan merusak kemampuan mereka untuk membelanjakan untuk memajukan teknologi mereka dan pada akhirnya melemahkan kepemimpinan AS.

Perwakilan dari ketiga perusahaan tersebut menolak berkomentar.

CEO Qualcomm Cristiano Amon mendapatkan lebih dari 60% pendapatan perusahaannya dari wilayah China dengan memasok komponen ke pembuat ponsel pintar seperti Xiaomi Corp. 

Pat Gelsinger dari Intel, yang mengunjungi Beijing awal bulan ini untuk memamerkan cip kecerdasan buatan terbaru perusahaannya, menghitung negara sebagai wilayah penjualan terbesarnya. Negara ini menyediakan sekitar seperempat dari penjualan Intel. 

Chief Executive Officer (CE) Nvidia Corp. Jensen Huang. (dok Bloomberg)


Untuk Nvidia, yang dijalankan oleh CoFounder dan CEO Jensen Huang, China memberikan sekitar seperlima pendapatan.

Departemen Perdagangan AS pada Oktober mengeluarkan aturan yang melarang pembuat peralatan semikonduktor menjual alat tertentu ke China, serta melarang ekspor beberapa cip yang digunakan dalam aplikasi kecerdasan buatan — sebuah pengumuman yang mengguncang industri semikonduktor.

Sejauh ini, pembuat peralatan cip seperti Applied Materials Inc. telah menerima pendapatan terbesar, dipaksa untuk menjatuhkan miliaran dolar dari proyeksi mereka. Namun, pembatasan yang dikhawatirkan akan diperluas ke kelas cip lain, juga memengaruhi beberapa pembuat perangkat. Kemampuan Nvidia untuk mengirimkan akselerator kecerdasan buatan terdepan di industrinya ke China telah dibatasi oleh proses persetujuan, yang menyebabkan biaya penjualannya.

"Saya khawatir bahwa beberapa CEO Amerika terus mengadvokasi kontrol ekspor yang lebih lemah pada teknologi sensitif," kata Perwakilan Mike Gallagher, seorang Republikan Wisconsin dan ketua komite DPR tentang persaingan dengan China, dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat. “Pemerintahan Biden perlu memperketat kontrol ekspor kami pada cip canggih”

Ilustrasi Chip (Bloomberg)


Pemerintah AS berencana untuk memperbarui dan menyelesaikan langkah-langkah dengan memperkuat apa yang telah diumumkan. Awal pekan ini, Bloomberg melaporkan bahwa AS menggunakan sebagian kekuatannya untuk mempengaruhi perusahaan luar negeri untuk lebih lanjut memutus akses China.

ASML Holding NV, salah satu penyedia peralatan pembuat cip terbesar, menghadapi pembatasan yang lebih ketat dari pemerintah asalnya di Belanda dan pembatasan baru dari AS, karena beberapa komponennya dibuat di Amerika.

Secara umum, aturan baru AS juga akan mencerminkan hasil negosiasi dengan Jepang dan Belanda, kata orang-orang yang diberi pengarahan tentang rencana tersebut.

Reuters sebelumnya melaporkan rencana beberapa CEO untuk bertemu dengan pejabat AS.

(bbn)

No more pages