Logo Bloomberg Technoz

“Harapan dan keyakinan saya, ada jalan untuk menurunkan inflasi dalam konteks pasar tenaga kerja yang sehat. Dan data yang saya lihat menunjukkan bahwa kita berada di jalur itu.”

Presiden AS Joe Biden mengatakan bulan lalu bahwa menurutnya AS akan dapat menghindari resesi. “Sudah 11 bulan, coba tebak? Saya perkirakan itu tidak akan terjadi,” katanya kepada para donor Partai Demokrat pada 27 Juni.

Bloomberg Economics melihat kondisi dasar resesi AS akan dimulai menjelang akhir 2023, bertepatan dengan perlambatan moderat dalam konsumsi, menurut analisis yang dirilis 30 Juni.

Inflasi di AS kemungkinan terus melemah pada bulan Juni, tetapi ukuran utama untuk tekanan harga masih berjalan cepat. Hal itu membuat bank sentral AS, the Fed, condong untuk melanjutkan kebijakan menaikan suku bunga bulan ini.

Inflasi Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Sebuah laporan pemerintah pada Rabu lalu diperkirakan menunjukkan indeks harga konsumen (CPI) naik 3,1% dari tahun lalu, tingkat tahunan terkecil sejak Maret 2021. Dengan dihapuskannya biaya energi dan makanan yang fluktuatif, CPI inti terlihat naik 5% dari tahun lalu. Meskipun itu akan menjadi kenaikan tahunan terkecil sejak akhir 2021, itu masih lebih dari dua kali lipat target the Fed, berdasarkan metrik inflasi yang berbeda.

Gubernur the Fed Chicago, Austan Goolsbee, mengatakan pada Jumat bahwa para pembuat kebijakan berada di jalur yang benar dalam mengurangi pertumbuhan harga tanpa memicu resesi di ekonomi terbesar dunia.

Data lapangan kerja non pertanian (non-farm payroll/NFP) meningkat 209.000 bulan lalu, kurang dari perkiraan para ekonom. Adapun perolehan pekerjaan selama dua bulan sebelumnya direvisi ke angka yang lebih rendah. Tingkat pengangguran turun menjadi 3,6%, sementara pendapatan rata-rata per jam naik 4,4% dari tahun sebelumnya.

Goolsbee mengatakan konsensus dari hampir semua peserta FOMC adalah satu atau dua kenaikan lagi tahun ini, yang menurutnya bisa terjadi pada salah satu pertemuan the Fed di semester kedua tahun ini. Penentuan kebijakan The Fed selanjutnya yang paling cepat adalah 26 Juli. 

(bbn)

No more pages