Logo Bloomberg Technoz

Skandal Korporasi Picu Krisis Kepercayaan Pasar Keuangan Thailand

News
07 July 2023 10:30

Ilustrasi Pasar Saham Thailand (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Pasar Saham Thailand (Dok Bloomberg)

Anuchit Nguyen - Bloomberg News

Bloomberg, Pasar keuangan Thailand sedang dilanda krisis kepercayaan di kalangan investor karena serangkaian skandal korporasi dalam beberapa bulan terakhir yang melibatkan beberapa perusahaan menengah, bursa penukaran kripto dan juga gejolak harga saham yang tidak bisa dijelaskan.

Terbaru adalah emiten pembuat kabel Stark Corp. dengan skandal ketidakberesan akuntansinya. Perusahaan ini kemudian menghadapi gagal bayar obligasi yang membuat pemegang saham 39 miliar bath (US$1,1 miliar) terancam merugia. Kini perusahaan yang bervaluasi US$2 miliar ini terancam bangkrut karena sahamnya hampir tak berharga lagi.

Prakit Siriwattanakage, direktur pelaksana Merchant Partners Asset Management, mengatakan kejadian ini telah menciptakan "krisis kepercayaan" di kalangan investor.

Indeks acuan SET Thailand pun merosot sekitar 11% tahun ini yang menjadikannya sebagai pasar saham dengan kinerja terburuk di Asia dan mendekati posisi terbawah di dunia akibat pihak asing menarik dana sekitar US$3,3 miliar dari saham-saham domestik.

Bursa Saham Thailand Dilanda Skandal Korporasi (Bloomberg)