Logo Bloomberg Technoz

Aturan baru memperbolehkan investor ritel untuk memperdagangkan koin di bursa yang dilisensikan oleh Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) Hong Kong. Hong Kong menegaskan akan melakukan pendekatan tinggi terhadap perlindungan pada konsumen, dengan kriteria ketat di mana aset virtual dapat dibeli dan dijual. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan platform saat memutuskan token yang akan ditawarkan yaitu termasuk berapa lama koin telah beredar, kapitalisasi pasarnya, dan volume perdagangan harian rata-rata.

Token-token juga harus dimasukkan dalam setidaknya dua indeks cryptocurrency dari institusi terkemuka, satu dengan latar belakang keuangan tradisional. Selain itu, SFC mengharuskan perusahaan kripto memastikan perlindungan lain sebelum menerima pelanggan, seperti menilai apakah pengguna memiliki pengetahuan penting tentang aset digital sebelum berinvestasi, dan menetapkan perdagangan atau limit posisi "dengan mengacu pada situasi keuangan klien."

2. Mengapa Hong Kong tertarik pada kripto?

Pivot kebijakan Hong Kong adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk memulihkan kredensial kota tersebut sebagai pusat keuangan mutakhir. Reputasi mereka dipertaruhkan setelah pembatasan ketat Covid-19 selama bertahun-tahun, ditambah dengan kerusuhan politik yang menyebabkan ekonomi melambat dan perginya orang-orang berbakat. Sekretaris Keuangan Paul Chan, pada acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Bank Hong Kong pada November tahun lalu, menyebut kripto dan aset virtual lainnya sebagai "inovasi keuangan baru yang tak terbendung". Dia menambahkan bahwa Hong Kong "perlu menerimanya."

Pemerintah telah mengizinkan dana yang diperdagangkan di bursa untuk berinvestasi di CME Group Bitcoin dan kontrak berjangka Ether, juga menjual obligasi hijau digital perdananya yang menggunakan buku besar digital untuk mempercepat proses penyelesaian dan membayar kupon.

3. Apakah ini pendekatan pertama Hong Kong ke kripto?

Hong Kong pernah menjadi pusat aset digital beberapa tahun lalu sebelum mengambil sikap yang lebih skeptis. Pertukaran termasuk FTX dan Crypto.com (sebelumnya dikenal sebagai Monaco) didirikan di kota. Sebelum rezim peraturan baru, SFC memiliki program lisensi sukarela. Hanya dua bursa, OSL dan HashKey, yang menjalankan framework tersebut, yang memungkinkan mereka menyediakan layanan hanya untuk investor profesional dengan portofolio minimal 8 juta dolar Hong Kong atau senilai Rp15,4 miliar. 

Aturan muncul setelah China daratan mengatakan kepada kedua platform tersebut untuk menghentikan perdagangan mata uang kripto, dan melarang penawaran koin awal (ICO) pada 2017. China daratan melarang transaksi kripto dan berjanji untuk membasmi penambangan aset digital pada September 2021.

4. Seberapa signifikan larangan China daratan terhadap perdagangan kripto?

Salah satu risiko yang mungkin terjadi adalah larangan China dapat meluas ke Hong Kong yang semi-otonom. Namun, regulator Hong Kong menolak gagasan ini, mengutip prinsip "satu negara, dua sistem" yang memungkinkan bekas jajahan Inggris tersebut memiliki sistem ekonomi dan politiknya sendiri. Ada juga tanda-tanda bahwa pendekatan Hong Kong bisa mendapatkan persetujuan diam-diam dari Beijing.

Menurut sumber yang memahami permasalahan tersebut, perwakilan dari Kantor Penghubung China dan pejabat lainnya terlihat menghadiri pertemuan soal kripto di Hong Kong. Sumber menggambarkan pertemuan tersebut sebagai pertemuan yang bersahabat. Dukungan secara diam-diam mungkin menandakan China ingin menggunakan Hong Kong sebagai tempat pengujian aset digital. Namun, Beijing belum mengindikasikan pelunakan pada pengekangan yang ketat terhadap sektor lokal di tengah kekhawatiran tentang berbagai hal. Di antaranya perlindungan konsumen, potensi penggunaan kripto untuk menghindari kontrol modal, dan dampak lingkungan dari penambangan Bitcoin yang haus kekuasaan.

5. Rintangan apa yang tersisa?

Masalah utama bagi perusahaan kripto adalah ambiguitas pada regulasi. Ada sejumlah area yang tidak secara khusus ditangani oleh SFC. Termasuk apa yang disebut sebagai kategori "NewFi", seperti keuangan terdesentralisasi, derivatif, dan teruhan sehubungan dengan aset digital. NFT dan token utilitas seperti yang digunakan untuk permainan play-to-earn juga berada di luar cakupan aktivitas yang diatur dengan jelas. 

Perusahaan aset virtual yang beroperasi di area ini perlu menentukan apakah penawaran bisnis mereka merupakan sekuritas, dan jika demikian, memerlukan lisensi. Tugasnya rumit, dan SFC telah mengindikasikan bahwa keputusan akan dibuat berdasarkan kasus per kasus. 

Hambatan lain termasuk akses perbankan, karena perusahaan kripto menghadapi aturan know-your-customer (mengenal pelanggan Anda) dan anti-pencucian uang yang ketat. SFC dan Otoritas Moneter Hong Kong telah mendesak pemberi pinjaman untuk mendukung sektor ini, dan mengadakan pertemuan pada bulan April dan Juni untuk mendorong pemberi pinjaman membuka rekening bagi perusahaan kripto yang diatur. Rekrutmen pegawai adalah tantangan lain. Petugas yang bertanggung jawab, yang memikul tanggung jawab utama untuk kepatuhan di perusahaan berlisensi, tidak banyak. Trader dan pengembang kripto di tingkat institusional juga sering disebut sulit ditemukan.

6. Bagaimana penerimaan terhadap pivot kripto Hong Kong sejauh ini?

Pivot kripto Hong Kong memicu minat dari perusahaan lokal dan asing mengingat potensi kota tersebut untuk bertindak sebagai saluran kekayaan jika China daratan melonggarkan pembatasan aset digitalnya.

Perusahaan seperti Huobi, OKX, dan Amber Group mengatakan mereka bermaksud mengejar lisensi, tetapi tidak ada janji investasi besar yang langsung datang setelah peluncuran rezim baru. Tidak jelas apakah peraturan tersebut cukup menarik bagi perusahaan-perusahaan untuk berinvestasi besar-besaran. Fokus pada perlindungan investor ritel dapat mengurangi profitabilitas jika area seperti margin trading, staking, dan derivatif tetap terlarang. Selain itu, pasar kripto secara global belum sepenuhnya pulih dari kerugian sebesar US$1,5 triliun tahun lalu.

(bbn)

No more pages