Logo Bloomberg Technoz

Pelindo Kerjasama Dengan Investor Dubai Kembangkan Belawan

Yunia Rusmalina
23 June 2023 14:15

Ilustrasi peti kemas di pelabuhan Pelindo (Dok.Pelindo)
Ilustrasi peti kemas di pelabuhan Pelindo (Dok.Pelindo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melakukan penandatanganan kerjasama investasi dan pengoperasian Belawan New Terminal Cargo (BNCT) dengan konsorsium Indonesia Investment Authority alias INA-DP World.

Acara penandatanganan yang turut disaksikan langsung Menteri BUMN Erick Thohir ini digelar di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Erick menyebut kolaborasi tersebut bertujuan memperbesar kapasitas Pelabuhan Belawan sebagai gerbang logistik Indonesia. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kerjasama ini dilakukan bukan hanya untuk percepatan pembangunan ekosistem logistik saja.

"Tentu seperti yang sudah disampaikan pak Presiden bahwa percepatan pembangunan ekosistem logistik yang tentu terinterkoneksi, apakah itu airport, pelabuhan, jalan tol menjadi kunci pertumbuhan," ujarnya.

Dalam pengembangan ini, Pelindo menggaet konsorsium antara Indonesia Investment Authority (INA) dan DP World, sebuah perusahaan logistik multinasional asal Dubai, Uni Emirat Arab.