Logo Bloomberg Technoz

Binance Libatkan Ex Petinggi SEC Hadapi Gugatan Praktik Ilegal

News
13 June 2023 17:40

Binance. (dok Bloomberg)
Binance. (dok Bloomberg)

Olga Kharif - Bloomberg News

Bloomberg, Binance.US melibatkan empat pengacara dari Milbank LLP, termasuk di dalamnya George Canellos, mantan wakil direktur kepatuhan otoritas pasar modal Amerika Serikat (Securities and Exchange Commission/SEC), menghadapi gugatan agen federal tersebut atas tuduhan sekuritas ilegal.

Canellos kini menjabat sebagai kepala divisi litigasi dan arbitrase global di Milbank. Sebelumnya dirinya adalah pengawas sekitar 1.300 jaksa penuntut di SEC. Dirinya memimpin penyelidikan, termasuk berduel dengan Raj Rajaratnam dan manajer hedge fund terkait dengan S.A.C. Capital. Sebelumnya, Canellos menduduki jabatan kepala unit kriminal utama di Kantor Kejaksaan AS di distrik selatan New York.

SEC menggugat Binance.US, entitas yang berafiliasi dengan perusahaan bursa kripto Binance Holdings Ltd., serta Changpeng Zhao, pada 5 Juni lalu atas dugaan pelanggaran sekuritas. Dalam materi gugatan yang diajukan ke pengadilan di District of Columbia, SEC menuduh Biannce.US mengabaikan dengan sengaja undang-undang sekuritas AS. Dalam hal ini termasuk kesalahan pengelolaan dana pelanggan dan tuduhan menyesatkan investor, juga regulator.

Minggu lalu, SEC mengajukan permohonan tindakan darurat berupa perintah penahanan sementara dan pembekuan aset Binance.US. Tujuannya melindungi dana pelanggan, termasuk melalui repatriasi investasi pengguna yang disimpan di luar negeri.