Logo Bloomberg Technoz

Panas Dingin AS-China, Konflik Bisa Jadi Bencana Dunia

News
06 June 2023 18:50

Menteri Pertahanan China Li Shangfu (tengah) ketika tiba di Singapura (Lionel Ng/Bloomberg)
Menteri Pertahanan China Li Shangfu (tengah) ketika tiba di Singapura (Lionel Ng/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Meski saat Shangri-La Dialogue di Singapura Menteri Pertahanan (Menhan) AS Pentagon Lloyd Austin dan Menhan China Li Shangfu sempat berjabat tangan, keduanya masih saling berperang kata-kata.

Di forum itu, Menteri Pertahanan China Li Shangfu menggunakan pidatonya di Singapura pada Minggu lalu untuk menyerang strategi AS soal Indo-Pasifik, dengan mengatakan bahwa Washington berusaha untuk memicu konfrontasi melalui dukungannya terhadap Taiwan, pengerahan militer, dan membangun aliansi di kawasan tersebut. 

Ia bahkan memperingatkan bahwa setiap konflik antara kedua negara akan membawa "bencana yang tak tertahankan bagi dunia".

Sementara Austin dalam pidatonya di forum itu menegur China atas penolakannya untuk bertemu kecuali AS mencabut sanksi terhadap Li. Austin bilang "jabat tangan yang ramah saat makan malam bukanlah pengganti untuk pertemuan yang substantif."

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin (Sumber: Bloomberg)

Pernyataan itu muncul ketika sebuah kapal China berselisih dengan kapal perang AS yang sedang transit di Selat Taiwan. Hal ini menarik perhatian ke titik nyala militer potensial terbesar antara kedua kekuatan tersebut di kawasan Asia.