Logo Bloomberg Technoz

"Permintaan pelanggan yang lebih rendah di pasar ekspor utama seperti China daratan, Eropa dan AS terus bertindak sebagai penghambat kinerja sektor ini," menurut Annabel Fiddes, direktur asosiasi ekonomi di S&P Global Market Intelligence, yang mengatakan data kemungkinan menandakan sinyal kinerja kuartal kedua yang mengecewakan.

Bahkan untuk Jepang, meskipun tingkat pekerjaan baru lebih tinggi, data terbaru menunjukkan penurunan aktivitas pembelian yang solid, menurut sebuah pernyataan.

Serangkaian data pabrik Asia mengikuti laporan  yang menunjukkan PMI manufaktur China Mei turun menjadi 48,8 dari 49,2 pada bulan April. Ini menandakan pondasi pemulihan ekonomi China belum kokoh, menurut Biro Statistik Nasional.

Sementara pabrik-pabrik di utara Asia menanggung beban kesulitan ekonomi, pabrik-pabrik di selatan menyajikan gambaran yang beragam. Thailand, negara dengan ukuran ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara, mengalami pertumbuhan produksi yang kuat dan peningkatan aktivitas meskipun kepercayaan bisnis secara keseluruhan turun ke level terendah dalam 15 bulan.

Aktivitas di Filipina meningkat dari level terendah delapan bulan di bulan April sebesar 51,4 menjadi 52,2 di bulan Mei. Indeks Malaysia turun menjadi 47,8 dari 48,8 pada bulan April, dengan permintaan yang lemah menyebabkan moderasi produksi yang lebih kuat.

(bbn)

No more pages