Logo Bloomberg Technoz

Obligasi Masuk Kategori 'Junk Bond', Begini Respons APLN

Dityasa Hanin Forddanta
29 May 2023 12:00

Karyawan dengan latar layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan dengan latar layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Moody's Investor Service menurunkan peringkat atau rating  PT Agung Pdomoro Land Tbk (APLN) menjadi Caa2 dari sebelumnya Caa1. Secara umum, rating ini tidak lagi masuk kriteria investasi alias junk bond.

Rating tersebut berlaku untuk perusahaan dan Senior Notes US$300 juta yang diterbitkan entitas usaha, APL Realty Holdings Pte Ltd. Surat utang ini akan jatuh tempo pada 2 Juni 2024.

Vice President & Analis Senior Moody's Rachel Chua menjelaskan, rating tersebut mencerminkan struktur modal APLN yang tidak berkelanjutan. Ini berkaca dari leverage dan interest coverage APLN yang lemah.

Rating tersebut diberikan juga lantaran Moody's melihat adanya pengembalian yang lebih rendah untuk pemegang senior notes di masa mendatang. Sedang rating Caa2 untuk senior notes US$300 juta mencerminkan buruknya kondisi keuangan sehingga perusahaan memiliki risiko kredit yang tinggi.

Cesar Dela Cruz, Direktur APLN dalam keterangan resmi mengatakan, pihaknya tak menampik alasan pemberian rating Caa2 akibat APLN memiliki leverage yang tinggi.