Logo Bloomberg Technoz

"Ia adalah penyanyi dan penampil yang sangat berbakat," kata Jagger dalam sebuah pernyataan. "Ia sangat menginspirasi, hangat, lucu, dan murah hati. Ia membantu saya saat muda dulu. Saya tidak akan pernah melupakannya."

Turner memenangkan piala Grammy pertamanya pada 1971 lewat Proud Mary. Lagu lain pada zaman itu, What's Love Got to Do With It?, dijadikan lagu tema film biopiknya yang dirilis pada 1993. Angela Bassett memerankan sosok Turner.

Tina Turner menjajal berkarier ke di dunia akting, dengan muncul di film Mad Max: Beyond Thunderdome pada 1985. Turner berperan sebagai Aunty Entity. Kisah hidup Turner dijadikan musikal Broadway pada 2019 dan film dokumenter HBO pada 2021. Keduanya diberi judul Tina.

Terlepas dari kesuksesan dan hubungan asmara yang panjang dengan produser musik Jerman Erwin Bach, Turner memiliki pandangan suram tentang perjalanan hidupnya, seperti yang disampaikan melalui film dokumenternya.

"Hidup saya bukan kehidupan yang baik," kata Turner yang mengaku menderita gangguan stres pasca-trauma, akibat kekerasan dalam rumah tangga di pernikahan pertamanya.

"Yang baik tidak menyeimbangkan yang buruk. Kehidupan saya penuh dengan kekerasan. Tidak ada cara lain untuk menceritakannya."

Solo Karir

Turner dan Ike masuk dalam daftar Hall of Fame musik rock sebagai duo pada 1991, sebagian besar didasarkan pada lagu-lagu terbaiknya seperti Proud Mary dan River Deep, Mountain High. Ia kembali masuk dalam daftar tersebut tiga dekade setelahnya, kali ini sebagai penyanyi solo yang dimulai pada pertengahan 1980-an.

Sebagai musisi paruh baya, karier Turner sebagai penyanyi solo setelah perceraiannya dengan Ike pada 1978, penuh dengan perjuangan keras. Pertunjukan kabaretnya di Las Vegas berkolaborasi dengan sejumlah artis, seperti Rod Stewart.

Hingga tahun 1984, Turner merilis album solo pertamanya, Private Dancer. Rekaman, yang mencakup beberapa single hit, terjual lebih dari 20 juta kopi dan memenangkan beberapa penghargaan Grammy. Termasuk Record of the Year dan Best Female Vocal Performance untuk lagu What's Love Got to Do With It? yang menjadi lagu andalannya.

Turner menerima Penghargaan Kennedy Center pada 2005, dan memberikan penampilan terakhirnya pada 2009. Setelah itu, ia menjalani kehidupan tenang di Swiss bersama Bach, yang resmi menikah pada 2013 setelah menjalin hubungan asmara yang lama.

Tina Turner memiliki nama asli Anna Mae Bullock, lahir pada 26 November 1939 di Nutbush, Tennessee, sebuah kota yang menjadi terkenal setelah disebut di dalam lagunya, Nutbush City Limits. Kedua orang tuanya, Floyd dan Zelma Bullock, bekerja sebagai petani. Ayahnya meninggalkan keluarga, dan Turner dibesarkan oleh kakek dan neneknya.

"Dia tidak menginginkanku," kata Tuner saat bicara tentang ibunya.

Kelab Malam R&B

Namun, Turner kembali bersatu dengan ibunya di St. Louis, saat ia duduk di bangku SMA dan mulai diperkenalkan dengan dunia kelab malam R&B.

Di salah satu kelab malam, ia bernyanyi untuk Ike Turner, yang saat itu menjadi pemimpin dari grup bernama Kings of Rhythm. Ike suka dengan apa yang ia dengar, dan menyadari bahwa Tina adalah kunci kesuksesannya dan meminta Tina melakukan rekaman untuk lagu A Fool in Love pada 1960. Setelahnya, keduanya menikah dan memintanya mengubah nama panggilan menjadi Tina. Sebagai Ike dan Tina Turner Revue, pasangan ini menjadi populer di tempat-tempat R&B.

Turner dikaruniai dua anak kandung. Yang pertama adalah Raymond Craig Hill, yang merupakan putra dari Raymond Hill, seorang pemain saksofon di Kings of Rhythm. Ike mengadopsinya dan mengubah nama belakangnya menjadi Turner. Putra kedua Tina adalah Ronald, yang merupakan anak dari Ike. Ia kemudian mengadopsi dua anak lain dari hubung Ike sebelumnya, Ike Jr. dan Michael.

(bbn)

No more pages