Logo Bloomberg Technoz

Bukan Rights Issue, GOTO Akan Gelar Private Placement

Donald Banjarnahor
24 May 2023 20:10

Pencatatan saham perdana PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Dok gotocompany.com)
Pencatatan saham perdana PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Dok gotocompany.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) akan melakukan Penambahan Modal Perusahaan Terbuka Tanpa memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) alias private placement.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), startup terbesar di Indonesia ini akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 118,44 miliar saham baru atau setara dengan 10% dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetorkan. Aksi korporasi ini akan meminta persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 30 Juni 2023.

Meski demikian aksi korporasi untuk penggalangangan dana ini masih bersifat opsional bagi GOTO dan belum ada jadwal yang pasti. "Pelaksanaan PMTHMETD akan dilakukan jika Perseroan memandang bahwa PMTHMETD diperlukan dan merupakan opsi pendanaan yang terbaik bagi Perseroan," ujar GOTO dalam keterbukaan informasi.

Sebenarnya rencana private placement telah masuk dalam prospektus IPO GOTO pada tahun lalu, sebagai salah satu strategi dalam pendanaan. Private placement ini juga telah mendapatkan persetujuan RUPS pada Juni tahun lalu, namun persetujuan akan expired pada bulan depan.

Hal ini yang mendorong GOTO untuk kembali menggelar RUPS Luar Biasa untuk meminta pembaharuan izin dalam rencana private placement, meskipun aksi korporasi ini masih opsional. "Melalui Keterbukaan Informasi ini, Perseroan bermaksud untuk menyampaikan pembaharuan informasi atas rencana PMTHMETD," tulis manajemen GOTO.