Logo Bloomberg Technoz

Belanja Delegasi KTT Asean 20% Lebih Tinggi dari Target Rp15 M

Sultan Ibnu Affan
23 May 2023 18:10

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta pemimpin ASEAN menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023). (Foto: Agus Suparto/Istana Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta pemimpin ASEAN menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023). (Foto: Agus Suparto/Istana Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Realisasi total pengeluaran atau belanja dari para delegasi di KTT Asean di Labuan Bajo, NTT pada 9—11 Mei 2023 dilaporkan jauh lebih tinggi dari target pemerintah senilai Rp15 miliar. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan perhitungan tersebut didapatkan dari hasil survei di lapangan terhadap pengeluaran masing-masing delegasi yang hadir di acara konferensi tingkat tinggi itu.

“Jadi angka kompilasi yang sudah kami uji, ternyata ada peningkatan. Dari target Rp15 miliar, mungkin naik sekitar 10%—20%. Kami akan dapatkan angka finalnya dalam beberapa hari ke depan,” ujar Sandi saat ditemui di sela Rakernas Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Selasa (23/5/2023).

Menurutnya, sebagian besar belanja para delegasi dialokasikan untuk transportasi, suvenir, akomodasi, dan kuliner.

Sebelumnya, Kemenparekraf menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dapat naik 20%—30% pada periode April sampai Juni 2023, didorong oleh beberapa perhelatan internasional seperti KTT Asean di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.