Logo Bloomberg Technoz

Tantangan industri media di Indonesia

Dalam konteks dalam negeri, belanja iklan pada industri media saat ini dikuasai oleh platform luar negeri. Hal ini sempat diutarakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan saat memberi sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang digelar di Medan, Sumatera Utara, 9 Februari lalu.

Jokowi mengungkapkan, saat ini sekitar 60% belanja iklan diambil oleh platform asing sehingga memengaruhi keuangan media konvensional.

"Keberlanjutan industri media konvensional juga menghadapi tantangan berat. Saya mendengar banyak mengenai ini. Bahwa sekitar 60% belanja iklan telah diambil oleh media digital terutama platform-platform asing. Ini sedih lho kita," ujar Jokowi saat itu.

Jokowi pun mengatakan bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate telah mengajukan izin prakarsa mengenai rancangan peraturan presiden (perpres) tentang kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan media.

Adapun usulan lainnya soal rancangan perpres yang mencakup aturan tanggung jawab perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas.

(krz/ggq)

No more pages