Logo Bloomberg Technoz

Analis: Habis Lebaran, Cermati Saham Translog dan Infrastruktur

Wike Dita Herlinda
16 April 2023 16:27

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia dengan latar IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia dengan latar IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Investor disarankan untuk mencermati saham sektor transportasi dan logistik, serta infrastruktur setelah momentum Idulfitri 1444H.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Chisty Maryani mengatakan sektor infrastruktur yang perlu dicermati khususnya adalah emiten pengelola jalan tol, sektor barang konsumsi, dan sektor telekomunikasi. 

“Beberapa faktor pertimbangannya adalah karena mobilitas sosial yang masih cukup padat imbas dari momentum lebaran ini dapat menjadi katalis positif untuk emiten pada sektor transportasi dan logistik. Kemudian, padatnya potensi arus balik pasca libur lebaran akan berdampak positif pada emiten pengelola jalan tol,” terangnya melalui paparan analisis yang dilansir Minggu (16/4/2023).

Lebih lanjut, dia memparkan sektor barang konsumsi masih potensial pada 2023. Hal tersebut dipicu potensi pertumbuhan kinerjanya khususnya pada kuartal II-2023 di mana terdapat momentum Lebaran serta menjelang tahun pemilu 2024 yang biasanya meningkatkan konsumsi masyarakat dalam negeri. 

“Sektor lainnya yang dapat dipertimbangkan adalah sektor telekomunikasi. Menjelang tahun pemilu biasanya pengguna trafik data seluler meningkat, dunia digital saat ini juga sudah menjadi hal primer sebagai wadah menyampaikan aspirasi atau kampanye jelang tahun pemilu 2024,” jelas Chisty.