Logo Bloomberg Technoz

Upaya tersebut bisa menjadi bagian dari ambisi Musk yang lebih besar untuk membuat aplikasi super. CEO Tesla, SpaceX, dan Twitter, telah lama berbicara tentang membuat "aplikasi segalanya" yang disebut X. Dia baru-baru ini menggabungkan Twitter menjadi perusahaan induk bernama X Corp. Dia mengatakan bahwa jejaring sosial akan menjadi "percepatan" untuk menciptakan X.

Pada hari Jumat, Financial Times melaporkan bahwa Musk mengadakan diskusi dengan investor Tesla Inc. dan Space Exploration Technologies Corp. tentang membantu mendanai startup AI.

Surat kabar itu juga menulis bahwa Musk telah mengakuisisi ribuan prosesor dari Nvidia Corp untuk proyek baru tersebut. Berita itu membantu meningkatkan saham pembuat chip pada hari Jumat, dengan saham tersebut naik sebanyak 1,6% menyusul penurunan di awal sesi.

Terlepas dari pekerjaannya di sekitar AI, Musk termasuk di antara sekelompok peneliti dan pemimpin industri teknologi yang bulan lalu meminta pengembang untuk menghentikan pelatihan model AI yang kuat.

Dia juga terlibat sejak awal dalam pembuatan OpenAI. Musk membantu memulai organisasi pada tahun 2015 dan menjabat sebagai ketua bersama dengan Sam Altman, CEO saat ini. Pada saat itu, tujuan OpenAI adalah untuk "memajukan kecerdasan digital dengan cara yang paling menguntungkan umat manusia secara keseluruhan, tidak dibatasi oleh kebutuhan untuk menghasilkan keuntungan finansial".

Musk meninggalkan OpenAI pada tahun 2018 dan sejak itu mengkritik organisasi tersebut, yang menciptakan cabang nirlaba pada tahun 2019. Dia khawatir bahwa itu adalah "melatih AI bangun" dan mengatakan bahwa "AI dikendalikan secara efektif oleh Microsoft". Microsoft Corp. telah menginvestasikan $10 miliar ke dalam OpenAI.

Pada podcast, Altman berbicara tentang keprihatinan Musk, memanggilnya "brengsek" sambil berujar bahwa dia yakin Musk "merasa sangat tertekan tentang seperti apa masa depan umat manusia."

(bbn)

No more pages