Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Larang Perangkat Apple Jika OpenAI Diintegrasikan ke OS

News
11 June 2024 12:15

CEO Tesla Inc. dan SpaceX Elon Musk saat pembukaan World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). (Medcen WWF 2024/Aprillio Akbar)
CEO Tesla Inc. dan SpaceX Elon Musk saat pembukaan World Water Forum ke-10 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024). (Medcen WWF 2024/Aprillio Akbar)

Nick Turner - Bloomberg News

Bloomberg, Miliarder Elon Musk mengatakan akan melarang perangkat Apple Inc dari perusahaannya jika perangkat lunak kecerdasan buatan OpenAI diintegrasikan di tingkat sistem operasi, dan menyebut kerja sama itu sebagai risiko keamanan.

Pernyataan tersebut menyusul presentasi pada Senin (10/6/2024) oleh Apple Inc, ketika produsen iPhone tersebut mengatakan bahwa pelanggan akan memiliki akses ke chatbot ChatGPT OpenAI melalui asisten digital Siri. Apple berencana untuk meluncurkan kemampuan tersebut sebagai bagian dari rangkaian fitur AI baru akhir tahun ini.

Musk turut mendirikan OpenAI, tetapi berselisih dengan perusahaan rintisan yang berbasis di San Francisco tersebut. Dia telah menyuarakan keprihatinan tentang implikasi keamanan dari pengembangan teknologi AI generatif yang cepat, tetapi dia juga sedang mengerjakan pesaingnya sendiri untuk ChatGPT.

"Jika Apple mengintegrasikan OpenAI di tingkat OS, maka perangkat Apple akan dilarang di perusahaan saya," tulis Musk di X, jejaring sosial yang dimilikinya. "Itu adalah pelanggaran keamanan yang tidak dapat diterima."