Logo Bloomberg Technoz

BRI Salurkan KUR Rp 59,96 Triliun hingga April 2024


UMKM Binaan BRI, Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo di Sulawesi Selatan (Dok. BRI)
UMKM Binaan BRI, Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo di Sulawesi Selatan (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) telah melaporkan pencapaian signifikan dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 1,2 juta debitur UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dengan total nilai mencapai Rp59,96 triliun dari Januari hingga April 2024.

Target Ambisius KUR 2024

Menurut BRI, pencapaian ini mewakili 36 persen dari target KUR yang ditetapkan pemerintah untuk tahun 2024, yaitu sebesar Rp165 triliun. Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, dalam keterangan tertulis di Jakarta pada hari Selasa, menyatakan bahwa mayoritas penyaluran KUR BRI difokuskan pada sektor produksi, dengan proporsi mencapai 55,95 persen.

“Strategi bisnis mikro BRI di tahun 2024 akan fokus pada pemberdayaan yang berada di depan pembiayaan. Sebagai bank yang berkomitmen kepada UMKM, BRI telah memiliki kerangka pemberdayaan yang dimulai dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi,” ujar Supari.

Strategi Pemberdayaan UMKM BRI

BRI terus menjalankan strategi yang telah terbukti efektif untuk mendorong penyaluran KUR. Strategi ini mencakup revitalisasi tenaga pemasar mikro yang bertindak sebagai penasihat keuangan dengan konsep penguasaan ekosistem suatu wilayah. Program-program pemberdayaan yang digagas BRI, seperti Desa BRILiaN, Klasterkuhidupku, Figur Inspiratif Lokal (FIL), dan LinkUMKM, menjadi tulang punggung pelaksanaan inisiatif ini.

Melalui program-program tersebut, BRI berupaya memberikan solusi lengkap kepada pelaku usaha mikro, tidak hanya dalam bidang keuangan tetapi juga non-keuangan, sesuai dengan kebutuhan UMKM. "Kami ingin memberikan one stop solution kepada pelaku usaha mikro," tambah Supari.

Komitmen BRI dan Pemerintah untuk UMKM