Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Mau Tanam Cip ke Otak Manusia Kedua

Redaksi
22 May 2024 21:00

Ilustrasi Cip Menggerakan AI
Ilustrasi Cip Menggerakan AI

Bloomberg Technoz, Jakarta - Regulator kesehatan Amerika Serikat (AS) telah mengizinkan Neuralink milik miliarder Elon Musk untuk menanamkan cip otaknya pada orang kedua setelah mengajukan permohonan untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada pasien pertamanya, Wall Street Journal melaporkan pada Senin.

Awal bulan ini, Neuralink mengatakan bahwa kabel-kabel kecil yang ditanamkan di otak pasien pertamanya telah keluar dari posisinya. Reuters melaporkan minggu lalu, mengutip sumber-sumber, perusahaan tersebut mengetahui dari pengujian pada hewan bahwa kabel-kabel tersebut dapat tertarik keluar.

Perusahaan bermaksud untuk memperbaiki masalah tersebut dengan menanamkan beberapa kabel perangkat lebih dalam ke dalam otak, kata laporan WSJ mengutip seseorang yang akrab dengan perusahaan dan dokumen yang telah dilihatnya.

Neuralink berharap untuk menanamkan perangkatnya pada pasien kedua pada Juni dan total 10 orang tahun ini, kata laporan itu, menambahkan bahwa lebih dari 1.000 orang lumpuh telah mendaftar untuk pendaftaran pasien.

Perusahaan ini juga bertujuan untuk mengajukan aplikasi ke regulator di Kanada dan Inggris dalam beberapa bulan ke depan untuk memulai uji coba serupa, menurut laporan tersebut.