Logo Bloomberg Technoz

Gugatan tersebut mengklaim bahwa badan tersebut telah menunda peraturan yang akan menyelamatkan nyawa secara tidak masuk akal dan melanggar hukum.

Lebih dari 10 juta orang Amerika mulai merokok karena rokok mentol antara tahun 1980 dan 2018, dan sekitar 378.000 orang meninggal sebelum waktunya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Menthol sangat populer di kalangan perokok keturunan Afrika-Amerika karena pemasaran agresif perusahaan tembakau di lingkungan mereka dan mensponsori acara seperti konser jazz.

Berdasarkan Undang-Undang Pengendalian Tembakau 2009, FDA melarang semua rasa rokok selain mentol dan menjadikan mentol sebagai satu-satunya rasa rokok yang masih dipasarkan di AS. Badan tersebut diinstruksikan pada saat itu untuk meninjau apakah rokok mentol lebih berisiko terhadap kesehatan dibandingkan rokok biasa. Peninjauan tersebut awalnya diperkirakan hanya menghabiskan waktu beberapa tahun.

Sebelumnya, kelompok kesehatan masyarakat menggugat regulator AS untuk kedua kalinya karena gagal melaksanakan rencana untuk melarang produk rokok rasa mentol.

Gugatan yang diajukan Selasa di pengadilan federal di California Utara mengklaim bahwa Administrasi Makanan dan Obat-obatan telah menunda peraturan yang akan menyelamatkan nyawa secara tidak wajar dan melanggar hukum.

Badan tersebut telah berulang kali melewatkan tenggat waktu untuk bertindak terhadap mentol, yang terakhir berlalu pada akhir Maret.

"Jika praktik masa lalu bisa menjadi indikasi kinerja masa depan, mereka akan duduk diam lagi," kata Phillip Gardiner, ko-ketua Dewan Kepemimpinan Tembakau Afrika Amerika, salah satu kelompok yang menggugat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lebih dari 10 juta orang Amerika mulai merokok karena rokok mentol antara tahun 1980 dan 2018, dan sekitar 378.000 orang meninggal lebih cepat.

(bbn)

No more pages