Logo Bloomberg Technoz

Menteri Luar Negeri China menuduh AS mengambil “tindakan tanpa henti untuk menekan perekonomian Tiongkok,” menurut pembacaan Beijing mengenai pertemuan tersebut. 

“Ini bukan persaingan yang sehat, tapi pengendalian – dan ini tidak menghilangkan risiko, namun menciptakan risiko,” tambah Wang, mengutip pembatasan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sejak terakhir kali Blinken mengunjungi Beijing 10 bulan lalu, dialog antara AS-China semakin meningkat, dengan para pemimpin di kedua belah pihak berjanji untuk menjaga hubungan pada landasan yang lebih aman.

Namun dengan semakin membaiknya momentum kampanye pemilu Amerika, dan baik Partai Demokrat maupun Republik berjanji akan mengambil pendekatan yang lebih keras terhadap Beijing, masih terdapat banyak ruang untuk ketidakstabilan dalam hubungan bilateral.

AS diketahui menggalang dukungan dari Uni Eropa untuk berbicara dengan Amerika menentang kebijakan industri China, di mana Menteri Keuangan Janet Yellen memperingatkan para pemimpin di Beijing bulan ini bahwa murahnya ekspor China merupakan kekhawatiran dunia – sebuah sentimen yang diulangi oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz dalam perjalanannya ke China.

Yellen mengangkat prospek sanksi baru terhadap lembaga-lembaga keuangan China yang menurut AS membantu menopang basis industri pertahanan Rusia, dan AS dilaporkan sudah merancang langkah-langkah tersebut.

Diplomat utama China sebelumnya memperingatkan mitranya dari Amerika bahwa meskipun hubungan telah stabil sejak Xi dan Biden bertemu di San Francisco pada November lalu, “faktor-faktor negatif” semakin meningkat.

Blinken menekankan pentingnya dialog, dan menyebut hubungan bilateral sebagai hubungan yang “paling penting” di dunia.

Meskipun Beijing telah mengindahkan peringatan AS untuk tidak mengirimkan bantuan militer yang mematikan ke Kremlin dalam bentuk senjata atau amunisi, terdapat perasaan yang berkembang bahwa dukungan ekonomi dan industri Tiongkok telah membantu Rusia melawan sanksi Barat yang bertujuan melumpuhkan industri pertahanannya.

(bbn)

No more pages