Logo Bloomberg Technoz

Modi memberikan komentar serupa pada sebuah kampanye pada Senin (22/04/2024) di Aligarh, di negara bagian utara Uttar Pradesh, dengan mengatakan Partai Kongres akan mendistribusikan kembali harta benda masyarakat, tanpa menyebutkan kelompok minoritas tertentu. Sekitar 20% dari populasi Aligarh adalah Muslim, di negara bagian yang didominasi oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Modi.

Abhishek Singhvi, seorang pemimpin senior Partai Kongres, mengatakan pada Senin bahwa partainya telah mendaftarkan keluhannya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) India.

"Ada penyebutan yang jelas tentang satu agama dan tuduhan bahwa Partai Kongres akan memberikan semua kekayaan negara kepada mereka dan bahwa partai tersebut terkait dengan penyusup," kata Singhvi kepada wartawan pada Senin di luar kantor komisi tersebut di New Delhi. Partai tersebut menuntut tindakan dari KPU, mengatakan kode etik untuk partai politik telah dilanggar.

KPU tidak segera menanggapi permintaan dari Partai Kongres. Sebelumnya, komisi mengatakan tidak memiliki komentar tentang hal tersebut.

Seorang juru bicara BJP membela komentar Modi. Komentar perdana menteri “bergaung dengan rakyat negara ini,” kata Gaurav Bhatia, juru bicara nasional partai tersebut, dalam sebuah pengarahan.

Modi mengincar masa jabatan ketiga dalam pemilu yang dimulai pada 19 April dan akan berlangsung hingga 1 Juni. Dia mempertahankan popularitasnya di kalangan pemilih melalui kombinasi langkah-langkah ekonomi untuk mendukung kaum miskin dan kebijakan nasionalis Hindu yang menarik bagi mayoritas penduduk, 80% di antaranya mengidentifikasi diri sebagai Hindu.

Modi mengatakan kepada pendukung pada kampanye hari Minggu bahwa Partai Kongres akan memberikan uang hasil kerja keras mereka kepada "penyusup." Dia merujuk pada manifesto pemilu oposisi yang dirilis awal bulan ini, yang menjanjikan akan melakukan survei nasional untuk menentukan ketidaksetaraan sosial-ekonomi dan menanganinya.

"Apakah uang hasil jerih payah Anda harus diberikan kepada penyusup? Apakah Anda setuju dengan itu?" tanya Modi. “Manifesto Partai Kongres mengatakan mereka akan menghitung emas milik ibu dan saudari Anda dan kemudian mereka akan mendistribusikannya.”

(bbn)

No more pages