Logo Bloomberg Technoz

Dalam sebuah postingan di X menanggapi laporan Bloomberg, Musk menulis tentang pekerjaan tim konten: “Iklannya terlalu umum.”

Pemotongan tersebut menandai mundurnya inisiatif periklanan Tesla yang baru lahir. Produsen mobil tersebut telah lama menghindari iklan di televisi, radio, media cetak, atau online – dan telah membangun merek yang tangguh terutama dari mulut ke mulut – sebelum Musk mengatakan tahun lalu bahwa Tesla akan “mencoba sedikit iklan dan melihat bagaimana kelanjutannya.” 

Ingram mulai membangun tim pertumbuhan sekitar empat bulan lalu.

Investor meminta Musk untuk lebih fokus pada pemasaran karena pertumbuhan penjualan kendaraan listrik global melambat dan semakin banyak pesaing yang memasuki pasar. Penggunaan periklanan Tesla juga bertepatan dengan akuisisi Musk terhadap perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. 

Platform media sosial ini berupaya membendung penurunan tajam pendapatan iklan, yang didorong oleh kegelisahan merek-merek besar atas moderasi konten dan postingan Musk yang terkadang kontroversial.

Saham Tesla turun 3% pada 12:20, Senin di New York. Sahamnya telah anjlok lebih dari 40% tahun ini dan merupakan saham dengan kinerja terburuk kedua di Indeks S&P 500.

melaporkan telah memangkas harga di dua pasar utamanya yakni China dan Amerika Serikat (AS), setelah penjualan kuartal pertama yang mengecewakan berkontribusi pada pembengkakan inventaris.

Tesla juga diketahui telah menurunkan harga di seluruh jajaran produknya, dengan Model 3 yang diperbarui turun menjadi 231.900 yuan ($32.000) dari sebelumnya 245.900 yuan. Model Y didiskon menjadi 249.900 yuan atau sekitar $34.500 dari 263.900 yuan.

Di AS, versi termurah dari Model Y kini serharga $42.990, mengembalikan harga awal kendaraan sport tersebut ke level terendah yang pernah ada. Tesla juga mendiskon dua versi Model Y yang lebih mahal lainnya sebesar $2.000, dan menurunkan harga Model X ke level terendah.

(bbn)

No more pages