Logo Bloomberg Technoz

"Makin banyak komponen suatu produk dari Indonesia, makin bagus buat nilai tambah," sambungnya.

Selanjutnya, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang juga menjelaskan alasan mengapa penggunaan komponen yang berasal dari Indonesia lebih rendah jauh dibandingkan dengan Vietnam. Menurutnya, kerja sama antara Vietnam dan Apple bukan sekadar untuk supply domestic market.

"Mereka investasi di China dan Vietnam bukan semata-mata untuk supply domestic market, tapi juga untuk bisa ekspor," kata Agus.

"Maka itu, yang kita jajaki bagaimana manufaktur di Indonesia bisa jadi supply chain di Indonesia dan untuk global. Nilai tambah juga harus dari Indonesia dan tenaga kerja juga dari Indonesia," sambungnya.

Presiden Jokowi hari ini (17/4/2024) melakukan pertemuan dengan Bos Apple, Tim Cook di Istana Kepresidenan. Tim Cook mendatangi Istana Kepresidenan didampingi oleh Menteri Kominfo, Budi Arie Sadikin dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang.

Pertemuan tersebut berfokus pada pembahasan seputar investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut. Pemfokusan investasi yang dilakukan dengan Apple terdapat pada pemanfaatan pengembangan manusia melalui kerja sama dengan Apple.

(fik/ros)

No more pages